RESUME BERPIKIR KOMPUTASI

 1. STRUKTUR DATA


    Dalam istilah ilmu komputer, struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data (database) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar sebar (spreadsheet), pangkalan data, pengolah kata, citra yang dipampat (compressed image), dan pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.


    Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pengguna ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan basis data (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata yang kolomnya berubah secara dinamis.

    Struktur data juga bisa digunakan untuk membuat sebuah perintah dengan menggunakan bahasa pemrograman yang lebih mudah. Struktur data juga bisa meningkatkan efektivitas 


2. TREE DATA 


    Tree adalah struktur data bertingkat yang tersusun dari beberapa node. Node paling bawah disebut sebagai leaf node dan node paling atas disebut root node. Setiap node berisi pointer ke titik node yang berdekatan. Apakah kalian pernah memerhatikan bagaimana struktur susunan kepengurusan dalam sebuah organisasi? Struktur organisasi tersebut biasanya digambarkan dengan struktur pohon seperti yang diberikan pada Gambar di bawah ini


    Analogi lain yang sederhana trees adalah struktur hubungan dalam keluarga. Kakek memiliki beberapa anak. Anak-anak tersebut akan menikah dan menjadi orang tua. Masing-masing anak yang sudah menjadi orang tua memiliki anak-anak baru, begitu seterusnya


3. GRAPH DATA


    GRAPH adalah jenis struktur data umum yang susunan datanya tidak berdekatan satu sama lain (non-linier). Graph terdiri dari kumpulan simpul berhingga untuk menyimpan data dan antara dua buah simpul terdapat hubungan saling keterkaitan. 

    Simpul pada graph disebut dengan verteks (V), sedangkan sisi yang menghubungkan antar verteks disebut edge (E). Pasangan (x,y) disebut sebagai edge, yang menyatakan bahwa simpul x terhubung ke simpul y.


4. ALGORITMA


    Algoritma adalah suatu langkah atau metode yang telah direncanakan secara matang agar berurutan dan tersusun rapi, serta sering digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan memberikan petunjuk tindakan.

    Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu. Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data. Algoritma yang lebih mutakhir dapat melakukan deduksi otomatis (disebut sebagai penalaran otomatis) dan menggunakan tes matematis dan logis untuk mengarahkan eksekusi kode melalui berbagai rute (disebut sebagai pengambilan keputusan otomatis). Penggunaan karakteristik manusia sebagai deskriptor mesin secara metaforis telah dipraktekkan oleh Alan Turing dengan terminologi seperti "memory", "search" dan "stimulus".

    Sebaliknya, heuristika adalah pendekatan untuk pemecahan masalah komputasi yang mungkin tidak sepenuhnya terspesifikasi atau tidak menjamin hasil yang benar atau optimal, terutama dalam ranah masalah komputasi yang mana tidak ada hasil yang benar atau optimal yang terdefinisi dengan baik.


5. Algoritma MENURUT PARA AHLI


    sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan masalah tertentu.

    prosedur komputasi yang mengambil beberapa nilai atau kumpulan nilai sebagai input kemudian di proses sebagai output sehingga algoritma merupakan urutan langkah komputasi yang mengubah input menjadi output.


6. Xpresi LOGIKA


    Ekspresi logika adalah proposisi yang dibangun dengan variabel logika yang berasal dari pernyataan atau argumen. Variabel logika berupa huruf tertentu yang dirangkai dengan perangkai logika, disebut ekspresi logika.

    Ekspresi logis adalah pernyataan yang bisa bernilai benar atau salah . Misalnya, a < b adalah ekspresi logis. Bisa benar atau salah tergantung pada nilai a dan b yang diberikan.


7. OPERASI LOGIKA


    Operasi logika yang dimaksudkan adalah sebuah sebuah kombinasi variabel biner yang berupa masukan dan keluaran dari sebuah sistem rangkaian digital.

    Di artikel ini tidak hanya dibagikan mengenai dasar operasi logika saja, How To Tekno juga akan berbagi operasi logika kombinasi yang juga penting untuk dipelajari.


8. FLOWCHART


    Flowchart merupakan diagram alir untuk menggambarkan langkah, urutan dan keputusan sebuah proses dalam suatu sistem. Flowchart menggunakan simbol-simbol untuk menunjukkan aktivitas, kondisi maupun alur logika.

    Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram.


9. FLOWCHART DOKUMEN


    Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.

    Flowchart adalah sebuah diagram yang menjelaskan alur proses dari sebuah program. Dalam membangun sebuah program, flowchart berperan penting untuk menerjemahkan proses berjalannya sebuah program agar lebih mudah untuk dipahami.


10. FLOWCHART DATA


    Flowchart adalah teknik penyajian data dengan menampilkannya dalam bentuk diagram. Penyajian data dengan menggunakan diagram diperlukan agar lebih mudah dipahami daripada menyajikan data dalam bentuk tabel. Flowchart adalah salah satu cara untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik.

    teknik penyajian data dengan menyampaikannya dalam bentuk diagram


11. FLOWCHART SISTEM


    Bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem.

    alur yang jelas mengenai proses terjadinya registrasi terlebih dahulu oleh customer sebelum melakukan suatu transaksi.


12. FLOWCHART PROGRAM


    Flowchart ini menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program. Flowchart program terdiri dari dua macam, antara lain: flowchart logika program (program logic flowchart) dan flowchart program komputer terinci (detailed computer program flowchart).

    Bisa dibilang, program flow chart adalah versi lanjutan dari system flowchart. Di sini, setiap prosesnya akan dijelaskan secara lebih detail. Sebagai contoh, di bawah ini adalah program flowchart yang dibuat untuk menjelaskan langkah-langkah “menentukan jenis dan jumlah pesanan menu” dari contoh system flowchart sebelumnya.


13. SIMBOL² FLOWCHART


1. Terminator


    Mengutip buku Buku Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Bahasa Pemrograman Java oleh Yuniarsyah, simbol ini mewakili awal dan akhir dari flowchart atau suatu kegiatan. Adapun nama lain dari simbol ini adalah Start/End Symbol.




2. Input/Output


    Simbol input/output berbentuk jajargenjang. Fungsinya adalah untuk menyatakan proses input/output tanpa tergantung jenis peralatannya






3. Proses


    Selanjutnya adalah simbol proses. Tujuannya adalah menyatakan suatu tindakan atau proses pada komputer.






4. Preparation


    Simbol preparation memiliki tujuan untuk menyiapkan suatu variabel atau tempat penyimpanan suatu pengolahan data atau pemberian awal.






5. Arus Proses


    Simbol ini berfungsi untuk menghubungkan antara simbol satu dan simbol lain atau menyatakan jalannya arus dalam suatu proses. Simbol ini sering disebu juga dengan connecting line.







6. Decision


    Simbol selanjutnya adalah decision. Decision menyatakan awal dan akhir flowchart atau program suatu kegiatan.






7. Connector


    Simbol connector berbentuk lingkaran. Fungsinya adalah menyatakan sambungan dari satu ke proses lain dalam halaman yang sama.







8. Predifine Proses


    Simbol ini menjelaskan pelaksanaan suatu alur dalam diagram alur. Predifine proses juga menyatakan arti sebuah proses yang merujuk dari tempat lain pada halaman kerja flowchart






9. Offline Connector


    Offline Connector kebalikan dengan connector. Simbol ini menyatakan sambungan dari satu ke proses ke proses lain pada halaman yang berbeda.





10. Document


    Fungsi dari simbol document adalah merepresentasikan input atau output dari dokumen pada flowchart. Tujuannya adalah untuk menjelaskan bentuk masukan dari dokumen dan bentuk keluaran dari sebuah bagan alur.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATA FATHUR